Yaya Canvas Bandung – Mulanya Selembar Kanvas

Written by muranoklik. Posted in Dealer

 

Mulanya adalah selembar kanvas ketika banyak penggemar Jip Willys datang ke bengkelnya untuk dibuatkan penutup kendaraan mereka yang lusuh dan bahkan robek karena dimakan zaman. Itu dimulai sekitar duabelas tahun yang lalu namun kini, ia dikenal sebagai salah satu seat maker yang banyak dikunjungi di Kota Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya.

Nama itulah yang kemudian membuat pengusaha jok sintetik kelahiran Bandung ini dikenal sebagai Yaya Canvas ketimbang nama aslinya yang tertulis di KTP: Yaya Adiyanto.  “Dari canvas itulah saya memulai bisnis ini,” cerita Yaya. Namun dalam perkembangannya justru banyak penggemar jip yang berniat juga mengganti jok kendaraan kesayangannya. “Jadi, daripada ke tempat lain, banyak teman-teman meminta saya membuka juga bengkel seat maker,” kata Yaya yang juga seorang penggemar jip Willys ini.

Lama kelamaan, yang datang ke bengkelnya ternyata tidak hanya penggemar jip lawas, karena banyak pula pemilik kendaraan baru yang ingin mengganti jok standar dengan kulit sintetik datang ke bengkelnya di jalan Buah Batu, Bandung.

“Banyak yang datang langsung memilih jok kulit Murano. Kebanyakan Murano Blast, tetapi tidak sedikit juga yang memilih bahan Plus,” aku Yaya yang kini mengkaryakan tidak kurang dari 25 pegawai.  Katanya, sebulan rata-rata ia mengerjakan sedikitnya 25 unit kendaraan dari berbagai merek seperti Honda Jazz, Daihatsu Xenia, Toyota  Avanza, Toyota Vios dan banyak lagi. Yaya menjamin, semua dapat dikerjakan dengan cepat dan rapih.

Bahkan untuk Kijang Innova, konsumen bisa menunggu karena penggantian jok standar dengan sintetik dapat dikerjakan tidak lebih dari 3 jam! Katanya, ini karena ia sudah tahu pola dan sering mengerjakan order Innova. “Lagipula, Murano itu gampang dijahit sehingga prosesnya jadi lebih cepat,” terang Yaya yang tetap menomorsatukan kualitas pengerjaan. Menurutnya, buat apa cepat kalau hasilnya tidak bagus. Tetapi, akan lebih bagus pengerjaan cepat dan berkualitas. Apalagi banyak diantara yang datang adalah mobil yang dipakai untuk sehari-hari, sehingga waktu menjadi sangat berharga. “Kalau hasilnya jelek saya malu,” jujur Yaya.

Sedangkan warna Murano yang banyak dipilih di bengkelnya adalah warna-warna cerah untuk bagian kiri kanan punggung dan bagian bawah jok.  Baik polos atau basic maupun perforated-nya . “Awalnya memang kita yang menawarkan model dan warna lain, tapi akhirnya terserah konsumen maunya seperti apa,” kata Yaya.

Tags: , ,

Trackback from your site.

Comments (1)

  • Dedi Rahmat

    |

    Ngga ada matinya!! Sukses… mantapppp

    Reply

Leave a comment

*